-->

search blog/ web

Memuat...

Hal - Hal Yang Harus DiPerhatikan Saat Menstruasi / Haid

Penelitian tentang wanita menstruasi telah mengungkapkan sejumlah fakta yang menarik. Salah satu yang terbaru, studi menemukan bahwa wanita lebih memiliki mood untuk mencintai saat sedang menstruasi. Hal ini dikarenakan hormon yang menurunkan tingkat libido dan progesteron menjadi rendah selama pendarahan.
Selain harus tetap tenang dan sabar, Anda juga harus menghindari hal-hal yang mungkin dapat memperparah ketidaknyamanan Anda selama menjalani satu bulan periode wanita Anda.


Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstuasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari paling lama 15 hari. Jika darah keluar lebih dari 15 hari maka itu termasuk darah penyakit. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya.

Inilah beberapa hal yang harus dihindari saat 
mengalami haid :

1. Berhubungan Seksual
Hubungan seksual yang dilakukan ketika perempuan sedang menstruasi secara tegas dilarang dalam ajaran agama tertentu. Namun terlepas dari itu, secara medis pun berhubungan intim di kala perempuan sedang haid tidak disarankan. Beberapa alasan medis yang menyertainya antara lain:

1.1 Tidak steril
Pada saat menstruasi jaringan luar rahim mengalami pelepasan. Peristiwa ini diikuti dengan membukanya pembuluh darah di daerah tersebut. Kondisi ini menyebabkan organ reproduksi perempuan menjadi tidak steril, sehingga tidak aman bila berhubungan seksual.

1.2 Menyebabkan infeksi
Bersama dengan perdarahan yang terjadi dimungkinkan munculnya kuman. Kuman-kuman ini bisa jadi akan menyebabkan infeksi kalau si perempuan melakukan hubungan seksual.

1.3 Bahaya sudden death
Hal terburuk yang mungkin terjadi adalah sudden death atau kematian mendadak. Pada saat menstruasi banyak pembuluh darah yang membuka. Hubungan intim bisa berakibat terbawanya udara dari luar masuk melalui pembuluh darah yang terbuka sampai ke jantung. Ini berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.

1.4 Perasaan tidak nyaman
Tak bisa dipungkiri hubungan seksual terkait erat dengan suasana hati. Saat menstruasi banyak perempuan yang merasa tidak nyaman. Ketidaknyamanan ini akan terbawa dan mengganggu suasana hatinya. Bila dipaksakan untuk berhubungan seksual, alih-alih merasakan kepuasan, yang didapat justru perasaan tidak nyaman itu tadi.

2. Olahraga berat

Banyaknya pembuluh darah arteri yang terbuka pada saat haid dapat menyebabkan perlukaan. Seorang perempuan yang sedang menstruasi dan melakukan olahraga dikhawatirkan akan mengalami pendarahan berat. Memang tidak semua olahraga akan menyebabkan hal tersebut, tapi sebaiknya sesuaikan olahraga yang dipilih dengan kondisi tubuh. Perempuan dengan kondisi tertentu bisa jadi akan mengalami perdarahan berat ketika memaksakan diri bersenam aerobik saat haid.
Secara umum pun, perempuan yang sedang menjalani siklus bulanannya akan merasa lebih lemas, dan beberapa bahkan menderita nyeri perut, mual, pinggang pegal-pegal, pening, bahkan ada yang sampai pingsan. Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi porsi olahraga yang cukup berat atau sebaiknya pilih saja olahraga ringan seperti jalan santai.

3. Terbelenggu Mitos
Larangan memotong rambut, menggunting kuku, dan keramas selama haid tidak memiliki penjelasan secara medis. Khususnya larangan keramas, menurut Mimi jelas tidak tepat. "Apalagi perempuan yang sedang menstruasi justru harus menjaga kebersihan anggota tubuhnya. Keramas saja sampai bersih, enggak masalah kok," saran Mimi. Intinya, bila ada mitos-mitos yang dirasa tidak masuk akal, sebaiknya jangan dituruti.

4. Berenang

Secara teori, pembuluh darah yang membuka dapat mengecil ketika kontak dengan air. Contoh yang gampang adalah seringkali anak yang jatuh dan terluka dikompres dengan batu es untuk menghentikan perdarahannya. Bedanya, walau darah yang dikeluarkan saat menstruasi hanya sekitar 30 cc, tapi kontak dengan air tidak akan menyebabkan darah tersebut terhenti.

Kontak dengan air yang dimaksud di sini di antaranya berenang, menyelam, berendam di bath tub, whirlpool, dan sejenisnya. Ini penting untuk diketahui, sebab banyak beredar anggapan yang salah, yaitu perempuan yang sedang menstruasi darahnya akan berhenti ketika berada dalam air. Selain itu tidak ada yang dapat memastikan apakah air yang digunakan untuk berendam itu steril. Bisa jadi air kolam renang atau air laut mengandung banyak kuman yang dapat menyebabkan infeksi. Apalagi bila si perempuan ini berendam dalam waktu lama.

Hal yang harus diperhatikan saat menstruasi :

1. Rajin Ganti Pembalut
Saat menstruasi, ganti pembalut setiap 2-4 jam sekali. Pasalnya, cairan yang tertampung di pembalut, baik darah maupun keringat, menciptakan kelembaban yang sangat disukai oleh kuman. Ini dapat memicu iritasi dan keputihan yang tidak normal, lho. And F.Y.I. honey, keputihan tak normal adalah penyebab utama infertilitas di Indonesia!

2. Bilas dengan Benar
Bersihkan Miss Cheerful dari depan ke belakang agar kuman yang terdapat di bagian dekat anus tidak berpindah ke depan. Cara ini juga berlaku saat mengeringkannya ya. Dan bila Anda ingin mengulang saat mengering sisa air di organ intim, jangan lupa lipat kain pengeringnya agar tidak mengulang di tempat yang sama.

3. Pentingnya Cuci Tangan
Anda pasti sudah terbiasa mencuci tangan setelah memegang daerah kewanitaan. Namun mulai sekarang, ada baiknya Anda juga coba membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum menyentuh Miss Cheerful. Jangan sampai, organ intim Anda terinfeksi akibat tangan Anda yang kotor.



MAKANAN UNTUK IBU MENYUSUI

Seorang ibu harus berhati-hati tentang banyak hal, mulai dari kehamilan hingga menyusui bayi mereka. Sebabnya, makanan yang ibu makan memiliki dampak besar pada bayi, tidak hanya selama kehamilan, tetapi juga selama menyusui.

Pilihlah makanan yang terbaik untuk menyusui bayi Anda. Terbaik bukan berarti harus yang mahal, yang terpenting adalah harus bernutrisi tinggi dan sesuai untuk perkembangan bayi pada masa awal golden age ini. Artikel ini akan membahas macam makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi ibu menyusui dan makanan yang harus dihindari oleh ibu meyusui.

ASI mengandung berbagai nutrisi penting untuk perkembangan bayi yang beberapa macam nutrisi ini sulit didapatkan selain dari ASI. Perkembangan bayi pada masa awal ini adalah pondasi untuk perkembangan berikutnya kelak.  Selain itu ASI juga sangat menyehatkan bagi bayi, sangat baik untuk meningkatkan imunitas bayi terhadap berbagai gangguan kesehatan. Sedangkan bagi sang ibu yang menyusui sendiri, memberikan ASI juga memiliki dampak positif, yaitu bisa mengurangi resiko terkena kanker payudara dan kanker ovarium.

Jenis makanan yang disarankan untuk Ibu meyusui
  • Ikan salmon
Tidak ada satu jenis makanan yang sempurna. Tapi salmon paling mendekati. Salah satu makanan terbaik untuk ibu menyusui, salmon, seperti ikan berlemak lainnya, sarat dengan jenis lemak yang disebut DHA. DHA sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi Anda. Semua ASI mengandung DHA, tetapi tingkat nutrisi penting ini lebih tinggi dalam ASI wanita yang mendapatkan DHA tambahan dari makanan mereka.
DHA dalam ikan salmon juga dapat membantu mood Anda, sehingga mengurangi resiko terkena baby blues.
  •  Produk susu rendah lemak
Yoghurt, susu, atau keju, yang manapun anda sukai tidak masalah, produk susu adalah bagian penting dari menyusui sehat. Selain menyediakan protein, vitamin B, dan vitamin D, produk susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik. Jika Anda menyusui, susu yang sarat dengan kalsium untuk membantu tulang bayi Anda berkembang, sehingga penting bagi Anda untuk makan kalsium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda sendiri. Salah satu cara untuk melakukannya adalah untuk menyertakan setidaknya tiga cangkir susu setiap hari sebagai bagian dari menu makanan Anda.

  • Daging sapi tanpa lemak
Bila Anda sedang mencari makanan untuk meningkatkan energi Anda sebagai ibu baru, carilah makanan kaya zat besi, seperti daging tanpa lemak. Kekurangan zat besi dapat menguras tingkat energi Anda, sehingga sulit bagi Anda untuk bersaing dengan tuntutan bayi yang baru lahir.
Juga, ketika Anda menyusui, Anda perlu makan protein tambahan dan vitamin B-12. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber yang sangat baik untuk keduanya.
  • Kacang - Kacangan
Kacang-kacangan, terutama yang berwarna gelap seperti kacang hitam dan kacang merah, adalah makanan untuk ibu menyusui yang sangat bermanfaat, terutama untuk vegetarian. Bukan saja mereka kaya akan zat besi tapi juga kaya akan protein berkualitas non-hewani, dengan harga yang tidak menguras kantong
  • Blueberry

Ibu menyusui harus mendapatkan dua atau lebih porsi buah atau jus setiap hari. Bluberi, kaya akan antioksidan, adalah pilihan yang sangat baik untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan Anda. Buah ini kaya akan vitamin dan mineral dan karbohidrat dalam dosis yang sehat untuk menjaga tingkat energi Anda.
  • Beras coklat atau beras merah

Jika Anda ingin segera menurunkan berat badan setelah melahirkan, anda pasti akan mengurangi asupan karbohidrat Anda. Tapi kehilangan berat badan terlalu cepat menyebabkan Anda menghasilkan lebih sedikit ASI dan membuat Anda merasa lesu. Makanlah jenis karbohidrat yang sehat seperti beras coklat / beras merah atau roti gandum untuk menjaga tingkat energi anda.
  • Jeruk

Mudah ditemukan dimana-mana dan bergizi, jeruk sangat penting karena ibu menyusui membutuhkan vitamin C dosis tinggi, bahkan lebih banyak daripada ibu hamil. Tidak dapat menemukan waktu untuk duduk untuk mengupas jeruk? Minum jus jeruk memberikan manfaat yang sama. Beberapa jus jeruk yang dijual di supermarket sekarang bahkan telah diperkaya dengan kalsium, sehingga anda dapat memperoleh manfaat ganda.
  • Telur

Kuning telur adalah salah satu sumber alami vitamin D – nutrisi penting untuk menjaga tulang Anda kuat dan membantu tulang bayi Anda tumbuh. Selain itu telur adalah cara mudah untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda. Siapkan telur dadar untuk sarapan dengan roti gandum, atau tambahkan telur rebus pada soto anda saat makan siang.
  • Roti gandum (whole wheat bread)

Asam folat sangat penting untuk perkembangan bayi Anda pada tahap awal kehamilan. Selain itu, asam folat juga penting bagi bayi. Pastikan dalam ASI Anda mengandung cukup asam folat. Salah satu sumber terbaik dari asam folat adalah roti gandum, yang juga dapat menyumbangkan kebutuhan serat dan zat besi Anda.
  • Sayuran berwarna hijau

Banyak manfaat sayuran berwarna hijau seperti bayam, kangkung dan brokoli. Mereka sangat kaya dengan vitamin A, yang perlu bayi dapatkan dari ASI. Sayuran juga merupakan sumber kalsium non susu, vitamin C, zat besi, antioksidan dan rendah kalori.
  • Sereal / bubur gandum

Sarapan sehat dengan sereal gandum mampu membantu memberikan energi yang dibutuhkan setelah malam-malam panjang bergadang menjaga bayi. Tambahkan susu rendah lemak dan buah-buahan ke dalam sereal anda untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian anda.
  • Air

Dehidrasi menurunkan tingkat energi seseorang secara drastic. Untuk menjaga tingkat energi Anda dan produksi ASI, pastikan Anda tetap terhidrasi dengan baik. Variasikan pilihan Anda dalam memenuhi kebutuhan cairan dengan minum jus dan susu, tapi hindari minuman berkafein seperti kopi atau teh. Bila terpaksa, minum maksimum 2-3 cangkir saja. Kafein akan memasuki ASI anda dan bayi anda akan menjadi sulit tidur.

Jika sedang menyusui bayi, seorang ibu harus lebih memperhatikan apa yang terjadi di dalam dirinya. Makanan dan obat-obatan dapat masuk ke dalam ASI dan kemudian masuk ke dalam tubuh bayi Anda. Ini bisa menyebabkan banyak efek berbahaya bagi bayi. Khusus untuk makanan dan minuman yang harus dihindari saat menyusui, di antaranya:

1. Kopi
Minum kopi menyebabkan kafein yang ada di dalam kopi masuk ke dalam tubuh bayi. Bayi yang baru lahir tidak bisa menghilangkan kafein dari tubuhnya dan bisa membuatnya sulit tidur.

2. Bawang putih
Jika Anda sering makan bawang putih atau makanan yang mengandung bawang putih, rasa dari tanaman ini akan masuk ke dalam ASI. Jangan heran jika kemudian bayi menjauhkan diri dari menyusui.

3. Ikan tinggi merkuri
Ikan kaya akan asam lemak esensial dan protein. Namun, saat menyusui, Anda harus menghindari asupan ikan yang berlebihan karena ditakutkan mengandung merkuri. Ikan yang tinggi merkuri antara lain ikan todak, makarel, ikan air tawar, dan ikan tuna.

4. Makanan pedas
Rempah-rempah pedas dalam makanan juga dapat masuk ke ASI serta langsung masuk ke tubuh bayi. Rempah-rempah ini dapat mengganggu pencernaan bayi, penyebab iritasi lambung, masalah perut.

5. Produk turunan susu
Susu buatan mengandung protein dan kebanyakan bayi tidak dapat mencerna protein susu sapi. Ketika ibu makan keju, yogurt, dan produk susu lainnya, dapat membuat bayi sakit perut dan mengalami masalah gas.

6. Makanan berpengawet/pewarna
Zat-zat berbahaya yang sering digunakan pada makanan antara lain zat pewarna tekstil seperti rhodamin B, methanyl yellow yang berefek menyebabkan gangguan fungsi hati sampai kanker.  Hindari makanan yang berwarna terlalu mencolok. Zat pengawet berbahaya seperti formalin dan boraks banyak digunakan dalam bakso, mi, tahu. Pemanis buatan yang dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kanker kandung kemih.

7. Obat-obatan tertentu
Jangan minum obat selama masa menyusui, kecuali sudah dikonsultasikan dengan dokter.



KOLAGEN

Halo pembaca web Bunda dan Anak yang budiman,, kali ini admin akan membahas artikel tentang Kolagen. Nah,, pernah dengar dong kata "Kolagen", tapi masih belum sepenuhnya tahu apa itu kolagen. 
Langsung aja baca informasi dibawah ini, agar kamu gak dibilang kuper alias kurang pergaulan....ho..ho.
 
Apa itu kolagen ?? mungkin anda sering mendengar atau sudah tidak asing lagi dengan kata - kata kolagen. Kolagen merupakan salah satu protein yang terdapat dalam tubuh kita. Kolagen banyak ditemukan pada jaringan ikat, Seperti kulit, ligamen dan tendon. Bagian tubuh lain yang juga terdapat kolagen antara lain tulang, pembuluh darah, kornea mata dan usus.
Sekitar 25% - 30% dari semua protein ditubuh dibuat dari kolagen, yang ditemukan pada jaringan konektif seperti tulang rawan dan tendon. Mungkin karena kental, kolagen sering disebut lem yang menyatukan tubuh menjadi satu. 

Apa jadinya Jika tubuh kekurangan Kollagen???

>> Kulit
Kulit yang kekurangan kolagen akan terlihat kering, mengelupas, memar, dan kusam. Bahkan jika terjadi luka pada kulit akan mengalami penyembuhan yang lambat. Selain itu, kulit juga cepat mengalami pigmentasi serta pembuluh darah menonjol.
 
>> Kuku
Kekurangan kolagen juga berdampak buruk pada keindahan kuku. Kuku mudah rapuh serta terdapat bintik putih pada kuku. Nah kamu tentu pernah mengalami hal ini, di dalam kuku terlihat seperti ada gumpalan putih. 
>> Mata
Mata juga akan berdampak buruk jika kekurangan kolagen seperti lingkaran hitam dibawah mata. Ternyata penyebab Lingkaran mata hitam atau sering disebut "mata panda" bukan karena faktor susah tidur saja, tetapi juga bisa disebabkan karena kekurangan kolagen. Hal yang penting lainnya jika kekurangan kolagen dapat menyebabkan timbulnya gumpalan lemak kecil berwarna kuning dibagian putih mata serta mengalami gangguan penglihatan di malam hari dan juga sudut mata tampak pembuluh darah merah.
>> Gusi
Penyebab Gusi berdarah, karang gigi, gusi mengendur sehingga akar gigi telihat salah  satunya karena kekurangan kolagen.
>> Rambut
Rambut akan terlihat kusam jika kekurangan kolagen di dalam tubuh, juga mudah mengalami kerontokan, berketombe, dan ujung rambut bercabang. Pertumbuhan rambut yang lambat, serta terjadinya radang pada kulit kepala dikarenakan kekurangan kolagen.
>> Saraf Otak
Kekurangan kolagen dapat berpengaruh terhadap saraf otak sehingga dapat mengganggu konsentrasi otak dan mudah lupa.
>> Tulang 
Kolagen memiliki fungsi yang hampir sama pentingnya dengan kalsium pada tulang. Sebab, kolagen berfungsi sebagai lem perekat agar tulang bisa menyatu dengan sendi. Selain itu, struktur tulang bisa tercipta karena terjadi gabungan antara kolagen dan mineral yang bernama hydroxyapatite.
Keduanya ini bekerja dalam tubuh agar struktur, fleksibiltas dan kekuatan dari tulang bisa membuat tubuh menjadi lebih baik. Agar kesehatan tulang bisa terjaga dengan baik sampai usia tua, maka jika kekurangan kolagen dapat menyebabkan osteoporosis dan nyeri pada tulang.
>> Otot
Pada otot terdapat serat kolagen yang bukan hanya ditemukan di otot rangka, namun juga ditemukan pada otot polos yang berada di saluran kemih dan organ reproduksi, serta otot jantung. Dan serat kolagen ini mempunyai fungsi untuk memperkuat otot dan strukturnya agar kelangsungan otot dapat terjaga setiap harinya. Tapi jika seseorang kekurangan kolagen, maka yang terjadi adalah bisa mengalami nyeri punggung, bahu kesemutan, menghambat daerah refleks, kontraksi otot sangat minim, hingga kehilangan energi.
>> Pembuluh Darah
Fungsi kolagen pada pembuluh darah adalah untuk pembentukan dinding pembuluh darah vena, arteri dan kapiler. Fungsi kolagen lainya yaitu untuk kepentingan aliran darah agar dapat tersebar ke seluruh tubuh secara baik. Adapun yang dilakukan oleh kolagen seperti membantu memperkuat pembuluh darah, menjaga struktur dan kelenturan pembuluh darah.
>> Sistem Imun
Kolagen memiliki fungsi yang penting terhadap sistem imun tubuh. Bahkan ketika mengkonsumsi makanan yang mengandung kolagen, maka fungsi kekebalan tubuh akan naik secara keseluruhan lebih dari 100 kali. Namun jika kekurangan kolagen, maka bisa menyebabkan kekebalan tubuh menjadi menurun hingga infeksi sangat mudah terjadi.
>> Sistem Pencernaan
Fungsi kolagen terhadap sistem pencernaan memang sangat penting. Bahkan, ketika seseorang kekurangan kolagen saja, hal ini bisa mengganggu kinerja dari sistem pencernaan ini. Gangguan itu diantaranya perut terasa kembung, minimnya penyerapan sekresi, hingga bisa mengalami diabetes.   
>>Sistem Endoktrin
Kolagen memiliki fungsi terhadap sistem endoktrin. Karena fungsinya begitu penting, maka jika seseorang kekurangan kolagen pada sistem endoktrin akan menyebabkan gangguan pada menstruasi, payudara mengalami kekenduran hingga bisa menyebabkan kanker payudara. Adapun  pada pria, akan mengalami impotensi, ejakulasi dini, dan kejantanan semakin berkurang.

Sumber Kolagen

Sumber kolagen cukup banyak di sekitar kita ada yang bersumber dari makanan, buah, dan sayuran, namun secara garis besar kolagen berasal dari buah buahan.
  • Buah -  Buahan seperti Strawberry, Blueberry,Blackberry, tomat dan jambu merah, Pear, Apel, Buah peach, Manggis, Pisang, Buah plum, Buah aprikot , Delima, Anggur, Buah Langsat, Sawo, Buah Durian, Mangga, Buah Cermai, Nanas, Lemon, Buah Jeruk, Pepaya, Leci, Kiwi, Jambu Biji merupakan beberapa buah yang mengandung prolin tinggi serta mengandung vitamin C. Prolin sangat berperan dalam pembentukan kolagen alami untuk kecantikan dan keremajaan kulit.
  • Sayuran Sayuran seperti bayam, asparagus, dan kacang-kacangan kaya akan anti oksidan sehingga dapat menangkal enzim yang merusak kolagen alami dalam tubuh. Asparagus juga kaya akan prolin yang menghasilkan kolagen tingggi.
  • Ikan Laut Salah satu protein pembentuk kolagen alami untuk peremajaan dan kecantikan kulit adalah lisin. Protein lisin dapat didapatkan dengan mengkonsumsi beberapa jenis ikan laut seperti tuna, sarden, tuna dan trout.
  • Putih Telur dan Susu Sama seperti ikan laut, Putih telur, susu dan jenis olahan dari susu seperti keju dan yoghurt merupakan sumber protein hewani dengan kandungan lisin yang tinggi. Dengan rajin mengkonsumsi putih telur, susu dan olahannya dapat memenuhi kebutuhan kolagen untuk peremajaan dan kecantikan kulit.
  • Gandum Gandum juga dapat diproses oleh tubuh menajdi sumber kolagen tinggi untuk peremajaan dan kecantikan kulit. Selain sebagai sumber kolagen tinggi, gandum juga sangat baik untuk kesehatan jantung dan memperlancar pencernaan.
  • Daging Protein yang terkandung dalam daging adalah protein lengkap dengan semua asam amino esensial bagi tubuh. Ini termasuk produksi kolagen. Makan daging seperti ayam, daging sapi, kalkun, ikan, rusa sebagai sumber utama protein.
Nah kolagen ini sangat penting untuk tubuh dengan konsumsi kolagen yang cukup maka tubuh akan mendapatkan treatment otomatis, terutama untuk kulit.
  

ARTIKEL TERPOPULER

Join here

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More